Senin, 11 November 2013

Tugas Softskill (Bahasa Indonesia 2) - Kondisi Perekonomian Indonesia

        Hyper-Inflation Indonesia Tahun 1998

Krisis ekonomi global adalah peristiwa dimana seluruh sektor ekonomi pasar dunia mengalami keruntuhan/degresi dan mempengaruhi sektor lainnya di seluruh dunia. Indonesia pun pernah mengalami dampak dari krisis ekonomi global. Keadaan itu dirasakan Indonesia pada tahun 1997-1998 yang diakibatkan karena krisis yang disebabkan oleh runtuhnya perekonomian di Thailand dikarenakan kemerosotan nilai tukar Baht terhadap Dollar. Hal itu disebabkan karena banyaknya pengusaha yang menarik Dollar dari Thailand yang menyebabkan Baht jatuh ke titik terendahnya.

Kejatuhan Thailand menimbulkan efek bola salju terhadap Indonesia, dimana awalnya hanya krisis nilai tukar Baht pada tahun 1997, dan dengan cepat di tahun 1998 menjadi krisis ekonomi dan sosial. Indonesia sendiri salah satu yang mengalami dampak paling hebat. Tidak ada sektor di Indonesia yang lolos dari krisis total ini bahkan politik pun mengalami imbasnya dengan turunnya Soeharto menjadi presiden.

Besarnya hutang luar negeri Indonesia menambah bobrok perekonomian Bangsa, terlebih lagi sebagian besar hutang-hutang itu akan jatuh tempo pada tahun 1998. Semua sektor hiruk pikuk, terlebih lagi sektor perbankan yang diserbu oleh para nasabah. Belum lagi inflasi yang sudah menunjukkan tanda-tanda hyper-inflation.

Nilai tukar rupiah tahun 1998 mengalami kemerosotan  yang tajam yaitu Rp 17.000/dollar AS yang sebelumnya nilai tukar rupiah pada tahun 1997 menguat sebesar Rp 4.850/dollar AS. Kemerosotan ini disebabkan karena Indonesia harus membayar hutang-hutangnya yang akan segera jatuh tempo yang menyebabkan tingkat kebutuhan dollar semakin meningkat terus. Hal ini menimbulkan dollar terus meningkat tajam.

notes: artikel ini disusun dengan pola DEDUKTIF, tulisan yang dicetak biru menunjukkan pola umum sedangkan tulisan yang dicetak merah menunjukkan pola khusus.
Pola tulisan deduktif adalah dimana tulisan mengerucut dari umum ke khusus.

(*semua artikel diatas dirangkum dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar